Ketik disini untuk menemukan yang anda cari >>>

Thursday 2 March 2017

Laporan Praktikum Kimia 3 : " REAKSI - REAKSI KIMIA "









PENDAHULUAN
Latar Belakang
Reaksi kimia adalah suatu proses reaksi antara senyawa kimia yang mengakibatkan perubahan struktur dan molekul. Dalam suatu reaksi terjadi proses ikatan dimana senyawa pereaksi bereaksi menghasilkan senyawa baru (produk). Dalam ilmu kimia reaksi itu merupakan salah satu cara untuk mengetahui sifat-sifat kimia dari satu atau berbagai jenis zat. Sifat-sifat kimia kemudian dicatat sebagai data kuantitatifa (Sutrisno, E,T. Nurminabari, I,S 2012).
            Reaksi kimia (chemical reaction) yaitu suatu proses dimana zat atau senyawa diubah menjadi satu atau lebih senyawa baru. Untuk berkomukasi satu sama lain tentang reaksi kimia, para kimiawan menggunakan cara standar untuk menggambarkan reaksi tersebut menajdi persamaan kimia. Persamaan kimia (Chemical equation) menggunakan lambang kimia untuk menunjukan apa yang terjadi saat reaksi kimia berlangsung (Aini, Nur. 2013).
            Tujuan percobaan Reaksi-Reaksi Kimia untuk mengetahui dan mempelajari jenis dan sifat (sifat kimia dan fisika) dari zat yang direaksikan, serta untuk mencari rumus senyawa dan koefisien reaksi dari senyawa dengan cara mereaksikan dua buah zat atau lebih yang dibuktikan adanya perubahan warna, bau, suhu, timbulnya gas dan endapan (Aini, Nur. 2013).
            Prinsip percobaan adalah berdasarkan penggabungan molekul terbagi menjadi dua bagian atau lebih. Molekul yang kecil atau atom-atom dalam molekul. Reaksi kimia selalu melibatkan terbentuk dan terputusnya ikatan kimia (Aini, Nur. 2013).
            Berdasarkan Hukum Kekekalan Massa yang ditemukan oleh Lavoisier : “ Massa zat sebelum dan sesudah reaksi adalah sama” dan berdasarkan Hukum Perbadingan Tetap (Hukum Proust) : “Dalam setiap persenyawaan perbandingan massa unsur-unsur selalu tetap”. Berdasarkan Bronsted Lowry : “Asam sebagai setiap zat sembarang yang menyumbang proton dan basa sebagai setiap zat sembarang yang menerima proton” (Aini, Nur. 2013).

Tujuan Praktikum
Untuk memahami dan mempelajari reaksi-reaksi kimia pada suatu zat secara sistematis dan untuk mengetahui apakah semua zat-zat bila dicampurkan satu sama lain akan menghasilkan suatu reaksi.


TINJAUAN PUSTAKA
Reaksi kimia merupakan reaksi senyawa dalam larutan (air). Perubahan yang terjadi adalah bukti terjadinya reaksi kimia. Dalam ilmu kimia, reaksi merupakan salah satu cara untuk mengetahui sifat-sifat kimia dari suatu atau berbagai zat. Perubahan dalam reaksi kimia dapat berupa warna, timbulnya panas, timbulnya gas, terjadinya endapan dan sebagainya (Aini, Nur. 2013).
            Jenis-jenis reaksi kimia :
1.      Reaksi Penggabungan
Reaksi dimana dua buah zat bergabung membentuk zat ketiga.
2.      Reaksi Penguraian
Reaksi yang bila senyawa tunggal bereaksi membentuk dua atau lebih zat.
3.      Reaksi Penggantian
Reaksi dimana suatu unsur memindahkan unsur yang lain dalam suatu senyawa.
4.      Reaksi Netralisasi
Reaksi antar basa dan asam yang menghasilkan garam dan air.
            Hubungan kuantitatif antara pereaksi dan hasil reaksi dalam suatu persamaan kimia berimbang memberikan dasar stoikoimetri. Perhitungan stoikoimetri mengharuskan penggunaan bobot atom unsur dan bobot molekul senyawa. Banyaknya suatu hasil reaksi tertentu yang menurut perhitungan akan diperoleh dalam suatu reaksi kimia merendem teoritis untuk suatu reaksi kimia. Penting untuk mengetahui mana yang merupakan pereaksi pembatas yakni pereaksi yang secara teroritis dapat bereaksi sampai habis, sedangkan pereaksi-pereaksi lain berlebih (Keenan, 1984).
            Reaksi kimia dikatakan atau berlangsung apabila salah satu hal berikut harus teramati yaitu reaksi tersebut menghasilkan gas, endapan, perubahan suhu dan perubahan warna (Nonimus, 2008).




BAHAN DAN METODE
Tempat dan Waktu Praktikum
            Kegiatan Praktikum Kimia Pertanian Dilaksanakan di Laboratorium Kebun Percobaan Universitas Pembangunan Panca Budi Medan Pada Hari Senin 24 Oktober 2016 pukul 09.00 WIB.

Alat dan Bahan
Alat
Alat-alat yang digunakan antara lain : Tungku, Kasa, Bunses, Cawan Porselin, Spatula, Empat Tabung Reaksi dan Penjepit Tabung Reaksi.

Bahan
Bahan-bahan yang digunakan antara lain : Pita Mg, Kristal , Larutan HCl 0.1 M, Larutan  0.1 M, Larutan  0.1 M, Larutan NaOH dan Indicator PP.




Metode
1.  Reaksi Penggabungan
Jepit pita Mg pada penjepit tabung reaksi, kemudian bakar pita Mg tersebut pada nyala Bunsen. Diamati dan hasil pengamatan.
2.  Reaksi Penguraian
     Tuangkan Kristal CuSO4 pada cawan porselin, lalu panaskan pada Bunsen. Diamati dan catat hasil pengamatan.
3.  Reaksi Penggantian
     Ambil satu buah tabung reaksi yang bersih, kemudian tuangkan 5 ml HCl 0,1 M dan masukkan pita Mg pada tabung reaksi tersebut. Diamati apa yang terjadi dan catat hasil pengamatan.
4.  Reaksi Netralisasi
     Siapkan 2 buah tabung reaksi yang bersih dan kering,
     Tabung 1 : isi dengan 1 ml HNO3 0.1 M,
     Tabung 2 : isi dengan 1 ml H2SO4 0.1 M,
     Kedalam tabung satu daN DU, tambahkan masing-masing 2 tetes indicator PP, lalu masing-masing tabung ditetesi dengan larutan NaOH 0.1 M sampai terjadi perubahan warna. Diamati dan catat jumlah tetesan yang dibutuhkan sampai terjadi perubahan warna.




HASIL DAN PEMBAHASAN
Hasil Praktikum
Hasil berbentuk tabel :
No.
REAKSI
PERUBAHAN
1
Pita Mg dibakar
Awalnya berbentuk melengkung kehitaman setelah dibakar berubah bentuk menjadi abu
2
Kristal CuSO4 dipanaskan
Awalnya berbentuk butiran (micin) berwarna biru setelah terpanaskan berubah warna menjadi butiran (micin) putih
3
Pita Mg + HCl 5 ml
Bereaksi seperti soda dan pita Mg berubah menjadi kawat putih
4
1 ml HNO3 + 2 tetes indicator PP + NaOH
Berubah menjadi merah muda menyeluruh
5
1 ml H2SO4 + 2 tetes indicator PP + NaOH
Berubah menjadi merah muda tidak menyeluruh

Pembahasan
            Reaksi kimia adalah suatu proses reaksi antar senyawa kimia yang mengakibatkan perubahan struktur dan molekul. Dalam suatu reaksi terjadi proses ikatan dimana senyawa pereaksi bereaksi menghasilkan senyawa baru (produk). Dalam ilmu kimia reaksi itu merupakan salah satu cara untuk mengetahui sifat-sifat kimia dari satu atau berbagai jenis zat. Sifat-sifat kimia, kemudian dicatat sebagai data kuantitatif.
1.      Pita Mg dibakar
Awalnya berbentuk melengkung setelah kehitaman setelah dibakar bentuk menjadi abu. Percobaan ini merupakan reaksi kimia.
2.      Kristal  dipanaskan
Awalnya berbentuk butiran (micin) berwarna biru setelah dipanaskan berubah warna menjadi butiran (micin) putih. Percobaan ini merupakan reaksi kimia.
3.      Pita Mg + HCl 5 ml
Bereaksi seperti soda dan pita Mg berubah menjadi kawat putih. Percobaan ini merupakan reaksi kimia.
4.      1 ml + 2 tetes indicator PP + NaOH
Berubah menjadi merah muda menyeluruh. Percobaan ini merupakan reaksi kimia.
5.      1 ml + 2 tetes indicator PP + NaOH
Berubah menjadi merah muda tetapi tidak menyeluruh. Percobaan ini merupakan reaksi kimia.




KESIMPULAN DAN SARAN
Kesimpulan
Dari percobaan ini dapat disimpulkan bahwa ciri-ciri adanya reaksi kimia adalah adanya perubahan dari perncampuran dua reaksi atau lebih, baik perubahan warna, suhu, bau, adanya endapan dan adanya gas. Maka dengan hasil percobaan ini kita dapat menuliskan sebuah persamaan reaksi. Reaksi ini digunakan untuk menentukan kandungan zat dalam suatu bahan pangan dan menilai kadar mutu pangan.

Saran
Dalam praktikum ini hendaknya harus berhati-hati dalam meneliti dan menggunakan sarung tangan dan masker, serta setiap kelompok harus didampingi oleh asdos. Selain itu praktikum harus lebih cekatan dan tepat waktu dalam melakukan percobaan.




DAFTAR PUSTAKA
Aini, Nur. 2014. Laporan Praktikum Kimia Dasar Reaksi-Reaksi Kimia. http://laporannurainisolihat.blogspot.co.id/2014/07/laporan-praktikum-
       kimiadasar-reaksi.html, diakses tanggal 25 juli 2014 pukul 08:12 WIB

Anwar, Nurachman. 2009. Percobaan Reaksi Kimia.  http://slideshare.net/SriMul yati26 /reaksi-kimia-42336963, diakses tanggal 4 Desember 2014.

Sastra, Egon.2015. Laporan Praktikum Kimia Dasar Reaksi-Reaksi Kimia. http:// tokohtokohduniaku.blogspot.co.id/2015/03/laporan-praktikumkimia-dasar-rea ksi.html, diakses tanggal 28 Maret 2015 pukul 17:31 WIB


Satri, Munawar. 2015. Laporan Praktikum Reaksi-Reaksi Kimia. http://munez corporation.blogspot.co.id/2015/12/laporan-praktik-reaksi-reaksi-kimia.html, diakses tanggal 6 Desember 2015 pukul 11:15 WIB